Friday 18th October 2024

Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus Resmikan Gereja Katolik Lintah Tangkal.

Keranji Mancal,Tangkalnews.com-Antusias Umat katolik Separoki Pahauman kabupaten landak mengikuti pemberkatan gereja katolik dan penerima Krisma di gereja Santo Thomas stasi lintah tangkal desa Keranji mancal kecamatan Sengah temila.Sabtu (25/5/2024).

Turut hadir dalam kegiatan ini di antaranya hadir dari Pastor Paroki,komunitas pastoran,Beruder,Suster,Dewan pastoral paroki pahauman,ketua umat separoki pahauman, Kapolsek Sengah Temila,sekcam Sengah Temila,Bhabinsa,Babinkamtibmas,dewan wilayah sidas,ketua DAD Sengah temila,Timanggong laman Garoh,kades,Kadus lintah,Kadus tangkal,dan seluruh umat katolik stasi lintah tangkal dan beserta undangan.

Baca juga:Ketua DPRD Landak Menghadiri Pelantikan dan Pengukuhan DPC POM Kecamatan

Menurut ketua umat katolik stasi lintah tangkal,Aloysius wansaleh ia mengatakan kegiatan yang di laksanakan hari ini di gereja katolik Santo Thomas Stasi lintah tangkal adalah, pemberkatan gereja katolik dan penerima Krisma berjumlah 44 orang,yang menerima sakramen Krisma oleh oleh uskup Agung Pontianak MGR Agustinus Agus.

Dan Aloysius Wansaleh juga menjelaskan kegiatan ini di laksanakan di saat momentum warga kabupaten landak melaksanakan Bepantang nagari yang di adakan oleh 3 kabupaten yakni kabupaten landak,kabupaten mempawah dan kabupaten Kubu Raya,dan kendati demikian kegiatan keagamaan ini tidak menyurutkan antusia umat katolik Untuk mengikuti pemberkatan dan penerimaan Krisma ini.

“Kegiatan pemberkatan gereja katolik dan penerima Krisma ini jauh-jauh hari sudah di agendakan dari paroki pahauman dan panitia stasi lintah tangkal,dan hasilnya mendapat respon positif dari pihak-pihak terkait meskipun saat ini Binua landak melaksanakan Pantang Nagari,namun kita tetap melaksanakan pemberkatan dan penerimaan Krisma,”kata Aloysius Wansaleh.

Hal senada juga di ungkapkan oleh ketua panitia katolik Santo Thomas stasi lintah tangkal Jero Kesjaya,SE.acara pemberkatan gereja ini sudah menjadi agenda paroki yang sudah di jadwalkan dari bulan Pebruari 2024 dan di masukan dalam jadwal bapak uskup tanggal 25 mei 2024,dan di lanjutkan hari Minggu tanggal 26 mei 2024 acara Misa syukur oleh bapak uskup dan sekaligus penerimaan sakramen Krisma.

“Harapan kita semua semoga dengan adanya Gereja ini umat stasi Lintah Tangkal semakin rajin sambayang setiap hari Minggu,
Pada kesempatan ini juga saya atas nama panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur atas dukungan dan bantuan nya kepada panitia,kami juga mengucap kan terima kasih kepada seluruh umat di setiap Stasi separoki pahauman,khusus nya juga umat stasi Lintah Tangkal yang juga telah membantu panitia untuk mensukses kan acara pemberkatan Gereja ini,”kata Jero Kesjaya,SE selaku ketua panitia.

Baca juga:Kapolsek Sengah Temila Hadiri Peresmikan Gereja Katolik Lintah Tangkal.

Baca juga:Peduli Bencana,Kapolres Landak Cek Kondisi Banjir dan Beri Bantuan Sembako Kepada Anggota

Jero Kesjaya,SE juga menjelaskan ia mengatakan,sebagai umat di tuntut berpartisipasi harus aktif untuk mewujud kan paroki mandiri itu maka seluruh umat ikut ambil bagian dalam proses pelayanan gereja termasuk lah juga untuk penggalangan dana karena konsep nya paroki bisa berkembang dari umat tentu nya untuk umat.

Jelasnya lagi,”bangunan Gereja ini adalah tempat ibadat untuk relasi sesama dan kepada Tuhan untuk mendengar kan Sabda Allah oleh karena itu dalam hal ini Gereja bukan lah tempat fisik semata melainkan kan tempat untuk memelihara akhlak dan moral, tempat untuk memupuk iman kita demi kemuliaan Tuhan dan tentu nya juga untuk tujuan hidup kita yaitu keselamatan jiwa kita di akhirat nanti,”ungkap pria ini dengan ramah.

Dalam sambutannya ini,Uskup agung Pontianak MGR Agustinus Agus berpesan agar tetap merawat dan menjaga gereja katolik ini,dan ia juga berharap agar umat katolik stasi lintah tangkal ini selalu aktif beribadah.

Penulis: Sumianto

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.