Monday 16th September 2024

Pj. Bupati Landak Hadiri High Level Meeting Universal Coverage Jamsostek

LANDAK,Tangkalnews.com- Pj. Bupati Landak Dr. Gutmen Nainggolan, menghadiri acara High Level Meeting bertema “Mewujudkan Universal Coverage Jamsostek (UCJ) Provinsi Kalimantan Barat Melalui Peningkatan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kepada Pelaku UMKM Dan Debitur KUR” yang dipimpin secara langsung oleh Pj. Gubernur Kalimantan Barat dr. Harisson, bertempat di Hotel Mercure Pontianak. Kamis (01/08/2024).

Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Landak Gutmen Nainggolan menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan cakupan kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan (jamsostek).

“Jika dilihat tadi coverage-nya, kalau penerima upah atau pekerja formal, di Kabupaten Landak sudah melebihi target yaitu 80% dengan target yang ditetapkan adalah 74,75%. Namun, kalau kaitan dengan bukan pekerja penerima upah atau informal, kita masih dibawah target yaitu 25% dari 25,9% jadi ini yang harus kita tingkatkan karena masih ada gap atau jarak dari target sekitar 9 poin,” terang Gutmen.

Gutmen juga menuturkan terkait UMKM dan KUR, Pemerintah Daerah Kabupaten Landak telah menetapkan berbagai kebijakan agar kepesertaan jamsostek ini wajib diikuti oleh peserta baik para debitur KUR maupun UMKM.

“Sesungguhnya para peserta, baik debitur KUR maupun UMKM, itu sudah kita mengeluarkan berbagai kebijakan agar kepesertaan jamsostek itu menjadi yang wajib. Jadi dalam kaitan UMKM maupun KUR, kami di Kabupaten Landak sudah sangat baik dalam kebijakannya. Kemudian pelaksanaannya yang perlu untuk selalu di monitor dan awasi sehingga pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik dan maksimal,” tutur Gutmen.

Dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat, Asisten II Sekda Kalimantan Barat, Direktur BPJSNAKER Wilayah Kalimantan, Kepala BPJSNAKER Kalimantan Barat, Kepala OJK Kalimantan Barat, Kepala Kemenag Kalimantan Barat, Kepala Dinas Tenaga Kerja Prov. Kalimantan Barat, Bupati/Walikota se-Kalimantan Barat, Kepala DMPTSPNAKER Se-Kalbar, Instansi Vertikal, serta undangan lainnya.

(Diskominfo Kab. Landak)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.