Monday 16th September 2024

Pj. Bupati Gutmen Buka Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Kabupaten Landak Tahun 2024

 


LANDAK,Tangkalnews.com- Pj. Bupati Landak Dr. Gutmen Nainggolan secara resmi membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Landak Tahun 2024 yang ditandai dengan pengalungan nametag kepada perwakilan Paskibraka. Bertempat di Aula Besar Kantor Bupati Landak. Senin (05/08/2024) malam.

Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Landak Gutmen Nainggolan mengucapkan selamat kepada 30 orang peserta yang berasal dari SMA/SMK/MA sederajat baik negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Landak yang terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Landak tahun 2024.

“Tentunya, kalian merupakan putra-putri terbaik Kabupaten Landak yang telah dinyatakan lulus seleksi dengan berbagai proses dan tahapan yang telah dilalui. Sehingga kalian pada hari ini akan mulai dididik dan dilatih sebagai pasukan pengibar Bendera Merah Putih pada Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2024 yang akan datang,” ujar Gutmen.

Lebih lanjut Gutmen mengatakan bahwa anggota Paskibraka terpilih harus mampu menunjukkan kualitas sebagai insan terpilih, beretika tinggi dan berbudi luhur serta memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi yang akan dibuktikan selama mengikuti pendidikan dan pelatihan.

“Hal ini merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi kalian, sekolah dan juga bagi orang tua kalian. Dengan terpilihnya kalian dari sekian banyak rekan-rekan kalian yang ingin menjadi anggota Paskibraka, ini menunjukkan bahwa kalian dinilai memiliki kemampuan dan persyaratan sebagai anggota Paskibraka,” tutur Gutmen.

Pj. Bupati Landak itu juga menjelaskan proses yang akan dijalani oleh para Paskibraka ini bertujuan untuk memantapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental demi suksesnya pelaksanaan sebuah misi dan tugas penting, yaitu pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih Pada Peringatan HUT ke-79 RI di Kabupaten Landak tahun 2024.

“Untuk kita ketahui bersama, Kabupaten Landak tahun ini mengirimkan dua putra dan satu putri terbaik sebagai anggota Paskibraka di tingkat Provinsi Kalimantan Barat. ltu merupakan prestasi yang luar biasa yang patut kita syukuri bersama,” ungkap Gutmen.

Gutmen juga berpesan kepada seluruh anggota Paskibraka untuk mematuhi dan mengikuti semua pesan dan instruksi pelatih.

“Perlu diresapi juga bahwa salah satu puncak keberhasilan Upacara Memperingati HUT Proklamasi ke-79 RI ini berada di pundak pasukan pengibar bendera. Maka berlatihlah dengan sungguh-sungguh, tekuni dan serius. Jaga kedisiplinan, perhatikan kesehatan dan tetap jaga kekompakan sebagai team work. Hanya dengan modal itu, anak-anak semua dapat melaksanakan tugas dengan baik,” pesan Gutmen.

Gutmen juga mengingatkan tim pelatih agar selama melatih jangan sampai terjadi ada kekerasan fisik agar tidak melanggar UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

“Kemudian untuk panitia juga saya berpesan agar antisipasi sedini mungkin faktor-faktor non teknis yang bisa mengganggu proses pelaksanaan pengibaran Bendera nantinya dan sejumlah kejadian lain yang tidak kita inginkan. Sehingga momen yang sakral ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” imbau Gutmen.

Tidak lupa Gutmen memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh Tim Seleksi serta Tim Pelaksana dalam pemusatan pendidikan dan pelatihan yang terlibat dalam kegiatan ini.

“Pemerintah Kabupaten Landak mendukung dan menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan ini dan selanjutnya dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh Tim Seleksi serta Tim Pelaksana Dalam Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan yang terlibat dalam kegiatan ini,” tutup Gutmen.

Turut hadir Forkopimda Kab. Landak, Staf Ahli Bupati Landak, Plt. Sekretaris DPRD Kab. Landak, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Landak, Tim Seleksi Paskibraka dan Tim Pelatih serta seluruh Anggota Paskibraka Kabupaten Landak Tahun 2024.

(Diskominfo Kab. Landak)

Editor: Sumianto 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.