Monday 16th September 2024

Pj. Bupati Gutmen Buka Jalan Sehat dan Panggung Hiburan KPU Landak

Landak,Tangkalnews.con- Pj. Bupati Landak Dr. Gutmen Nainggolan membuka acara jalan sehat dan panggung hiburan dalam rangka tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Landak tahun 2024 di Kabupaten Landak yang diselenggarakan KPU Landak di Halaman Kantor Bupati Landak, Jumat (23/08/2024).

Acara tersebut dihadiri Ketua KPU Landak dan jajaran, Anggota DPRD Landak, Forkopimda Landak Pimpinan OPD terkait, ASN dan para pelajar.

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan Pj. Bupati Landak Gutmen Nainggolan menyampaikan bahwa pemilu adalah salah satu perwujudan pelaksanaan demokrasi yang pada prinsipnya diselenggarakan sebagai sarana partisipasi masyarakat memilih pemimpin, baik ditingkat pusat maupun di daerah.

“Salah satu tolak ukur yang sering digunakan dalam keberhasilan pemilu adalah tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu dan pilkada. Karena semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya, semakin legitimate sebuah pemilu,” ungkapnya.

Menurut Gutmen pemilu sangatlah penting bagi suatu negara, karena pemilu merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat, sarana untuk melakukan penggantian pemimpin secara konstitusional, sarana bagi pemimpin politik untuk memperoleh legitimasi dan pemilu merupakan sarana bagi rakyat untuk berpartisipasi dalam proses politik

“Dalam proses pilkada, KPU memiliki peran penting, KPU memiliki tanggung jawab (akuntabilitas) dari keseluruhan prosesnya, mulai dari pendaftaran, pelaksanaan pemilihan hingga penghitungan suara. Seluruh tahapan harus dilakukan dengan baik. Kami harap anggota KPU kabupaten landak beserta jajarannya dapat bekerja dengan cermat, akurat, dan profesional,” ujarnya.

Dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat, dan semua pihak yang terkait untuk mengawal pelaksanaan pilkada di kabupaten landak agar berlangsung damai, demokratis, jujur, dan tanpa tekanan (intimidasi). Pihak keamanan diharapkan membuat langkah-langkah strategis untuk pengamanan pelaksanaan tahapan pilkada sampai pada pelantikan bupati dan wakil bupati landak yang baru.

“Kami juga berharap pilkada di Kabupaten Landak bisa menghasilkan pemimpin yang bisa meneruskan pembangunan di Kabupaten Landak sehingga nama Kabupaten Landak dapat diperhitungkan dan sejajar dengan kabupaten/kota lain di Indonesia serta membawa masyarakat kepada kehidupan yang lebih sejahtera. Dan untuk menghasilkan pemimpin yang demikian itu, pelaksanaan pilkada harus demokratis, jujur, tanpa tekanan, dan damai,” harap Gutmen.

(Diskominfo Landak)

Editor: Sumianto 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.