Monday 16th September 2024

Kapolres Landak Tegaskan Netralitas dan Kesiapan Jelang Pilkada 2024

Landak,Tangkalnews.com-Kapolres Landak AKBP Siswo Dwi Nugroho, S.H., S.I.K. menghadiri kegiatan video conference (vicon) Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral (Linsek) terkait Kesiapan Operasi Mandiri Kewilayahan “Mantap Praja Kapuas 2024″. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) di wilayah hukum Polda Kalimantan Barat (Kalbar) yang bertempat di Ruang Vicon Polres Landak, ” Senin (19/8/2024)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pj. Bupati Landak Dr. Gutmen Nainggolan, S.H., M.Hum., Danyon Armed 16 Kaputing Ngabang Letkol Arm. Andreas Prabowo Putro, S.I.Pem., Anggota DPRD Kabupaten Landak Margaretha, S.K.M., Kaban Kesbangpol Samsul Bahri, S.Pd., M.Si., Pasi Ops Kodim 1210 Landak, Kasipidum yang mewakili kepala Kejaksaan Negeri Ngabang serta Wakil Ketua Pengadilan Negeri Ngabang.

Dalam vicon tersebut, Karo Ops Polda Kalbar memaparkan beberapa materi terkait dengan persiapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur Kalbar. Beberapa poin penting yang disampaikan antara lain dasar hukum pelaksanaan Pilkada, pelaksanaan Pilkada serentak di 14 kabupaten/kota di Provinsi Kalbar, timeline Pilkada, alur pikir pengamanan Pilkada, pedoman sistem dan manajemen operasional Polri, serta strategi Polda Kalbar dalam menangani kerawanan Pilkada,” Imbuhnya

Pangdam XII/Tanjungpura juga memberikan pemaparan mengenai kebijakan dan komitmen Kodam XII/Tanjungpura dalam Pilkada, netralitas TNI, serta rencana pengerahan personel untuk pengamanan Pilkada. Sementara itu, Pj. Gubernur Kalbar membahas kesiapan dan peran pemerintah daerah dalam Pilkada serentak tahun 2024 , penyediaan dana Pilkada, serta upaya menjaga stabilitas politik dan keamanan selama Pilkada serta penyiapan data penduduk potensial pemilih, ” Imbuhnya

Selain itu, KPU Provinsi Kalbar menyampaikan tahapan dan jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalbar, serta tahapan-tahapan penting lainnya, seperti pemutakhiran data pemilih dan sosialisasi pencalonan. Kejati Kalbar juga turut memaparkan peran mereka dalam penyelenggaraan Pilkada, termasuk pengawasan dan penegakan hukum serta upaya pencegahan tindak pidana pemilu.

Kapolres Landak, AKBP Siswo Dwi Nugroho, S.H., S.I.K., dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kesiapan Polres Landak dalam menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2024 sudah matang. Ia menekankan pentingnya sinergi antara TNI, Polri, pemerintah daerah, serta semua elemen masyarakat untuk menciptakan situasi yang kondusif selama pelaksanaan Pilkada.

Kapolres juga mengingatkan agar seluruh personel yang terlibat tetap menjaga netralitas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas pengamanan. Ia menegaskan bahwa Polres Landak siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi selama Pilkada, termasuk potensi gangguan keamanan. Dengan persiapan yang matang dan koordinasi yang baik, Kapolres optimis bahwa Pilkada di wilayah Kabupaten Landak dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

Penulis : Heri Humas Polres Landak

Editor:Sumianto 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.