Monday 16th September 2024

Kapolres Landak Motivasi Mahasiswa Baru Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo dengan Materi Kepemimpinan

Landak,Tangkalnews.com-Kapolres Landak, AKBP Siswo Dwi Nugroho, S.H., S.I.K, menghadiri kegiatan San Agustin Connect, yaitu masa orientasi mahasiswa baru di Kampus Utama Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo. Kegiatan tersebut berlangsung di Rusunawa Kampus Utama San Agustin, Jln. Ilong, Desa Hilir Kantor, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, ” Jumat (6/9/2024)

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Wakil Rektor Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo Ngabang, Kunto Nurcahyoko, M.A., M.Pd.; Bruder Suparmo; Ketua BEM San Agustin, Lukas; dosen Sr. Charito, OP; Br. Marsianus Suparmo, P.CP.; serta beberapa pejabat universitas lainnya. Turut hadir juga Ketua SEMA AKUB GAK, Yenni Letta, beserta anggota Badan Eksekutif Mahasiswa dan para mahasiswa baru Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo Ngabang.

Pada kegiatan tersebut, AKBP Siswo Dwi Nugroho bertindak sebagai narasumber Dalam sesi pemberian materi menyampaikan pentingnya peran kepemimpinan dalam kehidupan mahasiswa, terutama di masa awal perkuliahan. Ia menekankan bahwa seorang pemimpin harus memiliki integritas, mampu beradaptasi dengan perubahan, dan selalu menjaga komunikasi yang baik dengan orang-orang di sekitarnya.”Kepemimpinan bukan hanya soal memimpin, tetapi juga tentang bagaimana kita bisa menginspirasi orang lain, bekerja sama, dan mengambil keputusan yang tepat di saat yang sulit,” ungkap AKBP Siswo Dwi Nugroho. Beliau juga mengajak para mahasiswa untuk terus belajar dan mengasah kemampuan kepemimpinan mereka agar bisa menjadi agen perubahan di tengah masyarakat, ” Tuturnya

Lebih lanjut, Kapolres Landak menjelaskan bahwa kepemimpinan yang efektif harus dibangun di atas dasar etika dan tanggung jawab. “Seorang pemimpin harus mampu memberi contoh yang baik dan tidak mudah menyerah menghadapi tantangan. Kepemimpinan bukanlah posisi, melainkan tindakan,” tambahnya.

Ia juga mengingatkan para mahasiswa bahwa dalam era digital saat ini, kemampuan berkomunikasi dan kolaborasi menjadi kunci sukses seorang pemimpin. “Jangan ragu untuk berinovasi, berkolaborasi, dan berpikir kreatif. Jadilah pemimpin yang bisa membawa dampak positif, baik di lingkungan kampus maupun dalam kehidupan sehari-hari,” pesan AKBP Siswo Dwi Nugroho.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Landak juga memperkenalkan slogan Polres Landak, yaitu “RAJAWALI”. Slogan ini terdiri dari empat poin penting: ‘Ra’ yang berarti “Mari MeRAwat kebhinekaan dan kearifan lokal,” ‘Ja’ yang berarti “menJaga kebhinekaan, kearifan lokal dan menjaga Kamtibmas,” ‘Wal’ yang berarti “mengaWal program pemerintah termasuk Pemilukada,” dan ‘I’ yang menandakan “Indahnya kebersamaan.”bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam slogan tersebut sangat relevan dengan semangat kepemimpinan yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa, khususnya dalam menghargai keberagaman dan menjaga kerukunan di tengah masyarakat, ” Imbuhnya

Sementara itu, Wakil Rektor Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo Ngabang, Kunto Nurcahyoko, M.A., M.Pd., mengatakan apresiasi atas kehadiran dan kontribusi Kapolres Landak dalam memberikan wawasan tentang kepemimpinan kepada mahasiswa baru. “Kami berharap materi yang disampaikan dapat menjadi bekal bagi para mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan kepemimpinan mereka selama menempuh pendidikan di kampus ini,” ujar Kunto Nurcahyoko.

Kegiatan orientasi ini diharapkan dapat membekali para mahasiswa baru dengan pengetahuan dan semangat untuk menjadi pemimpin yang berintegritas dan berkomitmen dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Penulis : Humas Polres Landak

Editor: Sumianto 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.