Monday 16th September 2024

IWO Inisiasi Penghijauan di Wisata Alam Air Terjun 7 Tingkat Rombo Dait, Sumber Penghasilan Yang Belum Tergarap Opimal.

 


Landak,Tangkalnews.com-Ikatan wartawan Online (IWO) Landak dibantu oleh personil TNI-Polri, Organisasi Pecinta Alam, Dinas Lingkungan Hidup, dinas Kominfo, UPT KPH Landak, Camat Air Besar, Pengurus Desa Sekendal melaksanakan aksi penghijauan di obyek wisata Air Terjun Rombo Dait, Sabtu (24/08/2024).

Kegiatan yang diinisiasi oleh IWO ini merupakan wujud nyata kepedulian terhadap lingkungan dan upaya pelestarian alam.

“Dengan menanam pohon di sini, kita tidak hanya menghijaukan lingkungan, tetapi juga memberikan kehidupan baru bagi makhluk hidup lainnya, Karena hutan sejatinya adalah rumah bagi Flora dan Faura serta sumber oksigen yang kita butuhkan” ujar Ketua IWO dalam sambutannya di Aula Kantor Desa sebelum bergerak ke lokasi peghijauan.

“Kami dari IWO berharap kegiatan ini dapat menginspirasi kita semua untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Mari kita jadikan Rombo Dait sebagai contoh bagi daerah lain dalam upaya pelestarian alam.
Dengan Alam yang terjaga menjadikan Rombo Dait sebagai salah satu Ikon wisata alam, karena hutan alam adalah paru-paru dunia. Ke depannya yakinlah, semua manusia akan mencari dan datang ke objek wisata hutan alam karena disinilah sumber oksigen yg kita butuhkan untuk hidup” ujar Sahat.

Dipaparkan juga oleh ketua IWO bahwa untuk memperoleh penghasilan dari kekayaan alam tidak harus dengan membabat hutan, membongkar dan memporak-porandakan perut bumi untuk mendapatkan Emas dan Intan sebagai sumber penghasilan ,karena itu hanya sesaat.

“Tetapi jaga dan rawatlah hutan dengan baik niscaya wisatawan akan datang untuk menghirup oksigen dan aroma asrinya alam seraya memanjakan mata dengan pesona panorama alam yang ada, hutan yang hijau, sungai bebatuan yang mengalir dan air terjun eksotis itulah sesungguhnya sumber penghasilan yang tak akan habis hingga ke anak cucu kita nanti. Mari kita memulai langkah kecil ini untuk diikuti yang lainnya sehingga pariwisata berbasis alam berbasis kearifan lokal ini dapat mulai kita wujudkan” ungkap ketua IWO.

Acara seremonial giat penghijauan di Rombo Dait dibuka oleh Kabid Kominfo Yunita mewakili Pj Bupati Landak, ditandai dengan penyerahan bibit pohon buah-buahan oleh UPT KPH Landak kepada Kades Sekendal, Perwakilan masyarakat dan pengurus adat desa. Untuk selanjutnya peserta bergerak menuju lokasi penanaman di area hutan Lindung Air Terjun Rombo Dait.(****)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.