Monday 16th September 2024

Bawaslu dan IWO Landak Mengadakan MoU Dalam Pengawasan Pemilukada.

 

(Foto:penandatangan MoU)

 

Landak,Tangkalnews.com-Bawaslu kabupaten landak melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif “Peran Media Dalam Pengawasan Pemilihan Serentak 2024 di Kabupaten landak”.yang di adakan di Hotel Hanura.Jumat (30/8/2024).

Lembaga Bawaslu Kabupaten landak ini tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam upayanya mengawasi pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan di setiap tahapan.Kali ini sosialisasi pengawasan ditujukan kepada awak media yang ada di Kabupaten landak.

Baca juga:Massa Kawal KREN Daptar di KPU Landak 

Baca juga:Ribuan Tim Massa Pendukung Dampingi HeVi Daftar di KPU Landak.

Dan hadir dalam kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif ini di antaranya,Anggota Bawaslu provinsi Kalbar Yosep Harry suyadi SE,ketua Bawaslu Kabupaten landak Barto Agato Dirgo SH.dan jajarannya,seluruh anggota Ikatan Wartawan Online (IWO) dan media lainnya yang ada di kabupaten landak,PLT Kominfo kabupaten landak dan panwascam sekabupaten landak.

(Foto: Media IWO dengan Anggota Bawaslu landak)

Dalam sambutannya,Ketua Bawaslu kabupaten landak Barto Agato Dirgo SH. mengungkapkan,peran serta masyarakat menjadi pengawas pemilu partisipatif sebagai mitra Bawaslu dalam mencegah dan menangkal pelanggaran pemilu.Menurutnya, peran masyarakat sangat strategis karena akan kesulitan bagi Bawaslu untuk mengawasi pemilu tanpa peran serta masyarakat.

Hal serupa juga di ungkapkan oleh L.Sahat Tinambunan menjadi narasumber dalam kegiatan ini,ia memaparkan urgensi pengawasan partisipatif kepada awak media untuk dapat memberikan informasi-informasi terkini terhadap proses penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan di setiap tahapan.

Baca juga:Pj. Bupati Gutmen Lantik PLH Sekda Landak

Baca juga:Polres Landak Apel Simulasi SISPAM Kota Dalam Rangka Pengamanan Pilkada 2024.

“Kita tahu media dalam menjalankan tugas-tugas di lapangan di atur dalam undang-undang PERS No 40 tahun 1999,dan media punya peranan penting dalam memberikan informasi ke pada masyarakat,dan media dalam memberikan informasi secara berimbang,”ujar L Sahat Tinambunan ini.

Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) landak juga menjelaskan,Mampaat sinergitas Media-Bawaslu adalah meningkatkan partisipasi masyarakat menjadi lebih aktif dalam mengawasi jalannya pemilu,mencegah pelanggaran pemilu dapat lebih cepat terdeteksi dan di tindaklanjuti, meningkatkan kredibilitas Pemilukada,agar pilkada yang berjalan dengan baik akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem demokrasi.

Penulis : Sumianto

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.