Friday 18th October 2024

Pelatihan dan Diskusi Kelompok Terfokus oleh Yayasan Titian Lestari dengan Masyarakat Hukum Adat Desa Keranji Mancal

Keranji Mancal,Tangkalnews.com-Yayasan Titian Lestari mengadakan pelatihan dan diskusi kelompok terfokus untuk masyarakat hukum adat (MHA) dengan masyarakat Adat Binua Laman Garoh,guna untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat hukum adat (MHA) dalam rangka pengelolaan usaha perhutani sosial di desa keranji mancal Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak.Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 2 Oktober 2024 bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai pengelolaan usaha perhutani sosial.Rabu (2/10/2024).

Acara dihadiri oleh Edy Gustriansyah M.Pd,sebagai akademisi untuk canvas bisnis dan sekaligus dosen FKIP Untan,Flora Milenia selaku Community Development,Damianus Nado selaku tokoh perintis hutan adat Bengkayang,serta tokoh adat, Kepala Desa Keranji Mancal Ramona Dari Talino,S.Pd,ketua BPD desa keranji mancal dan para peserta pelatihan.

Dalam diskusi tersebut, para peserta diberikan wawasan tentang pentingnya pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan bagaimana usaha perhutani sosial dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Edy Gustriansyah menyatakan, “Melalui pelatihan ini, kami berharap masyarakat hukum adat dapat mengoptimalkan potensi sumber daya alam di wilayah mereka secara bertanggung jawab, serta meningkatkan kesejahteraan secara berkelanjutan.”kata Edy Gustriansyah M.Pd.

Tambahnya lagi,”Kegiatan ini diharapkan tidak hanya meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat, tetapi juga memperkuat kolaborasi antara yayasan,masyarakat,dan pemerintah lokal dalam pengelolaan sumber daya alam yang lebih baik,”ujarnya lagi.

Pelatihan dan diskusi ini merupakan bagian dari upaya Yayasan Titian Lestari dalam mendukung pengembangan masyarakat hukum adat di Indonesia, khususnya dalam pengelolaan perhutani sosial.

Dan hal senada juga di ungkapkan oleh kepala desa keranji mancal Ramona Dari Talino,S.Pd,dirinya menyambut positif kegiatan Pelatihan dan Diskusi Kelompok Terfokus yang di laksanakan oleh Yayasan Titian Lestari dengan.

Dan Ramona Dari Talino juga berharap,semua peserta yang hadir dapat memahami kegiatan Pelatihan dan Diskusi kelompok terfokus yang di laksanakan oleh Yayasan Titian Lestari ini,agar memiliki dampak positif dan bermanfaat.

Penulis:Sumianto

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.