Friday 18th October 2024

Wujudkan Pilkada Damai,Bawaslu Landak Adakan Sosialisas Pengawasan Pemilihan.

 

Landak,Tangkalnews.com–Bawaslu kabupaten landak menggelar sosialisasi pengawasan pemilihan bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan Pilkada damai tahun 2024,hal ini di lakukan mengingat telah berlangsungnya tahapan pemilihan serentak tahun 2024,

Kegiatan yang berlangsung di aula Hotel Hanura ngabang ini dihadiri oleh ketua pengadilan negeri landak,Dandim, Kasatreskrim polres landak, anggota DPRD landak,dan sejumlah organisasi masyarakat,termasuk Ketua DAD, BEM Santo Agustinus Hippo, BEM STT Arastamar Ngabang,MABM,forum kades,forum BPD,Forum Perangkat desa,Bawaslu kabupaten landak,Ikatan Wartawan Online Kabupaten Landak dan sejumlah Ormas lainnya.Selasa (24/9/2024).

Menurut Barto Agato Dirgo,SH selaku ketua Bawaslu kabupaten landak,ia menjelaskan kegiatan sosialisasi pengawasan pemilihan kabupaten landak,ia menjelaskan kegiatan ini dengan tema:meningkatkan peran serta pengawasan masyarakat kabupaten landak dalam mewujudkan pilkada damai tahun 2024″.

“Meningkatkan kesadaran masyarakat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengawasan dalam pilkada untuk menciptakan proses yang adil dan transparan,dan Mendorong masyarakat untuk berperan aktif dalam pengawasan dan melaporkan pelanggaran selama pemilu,”kata Barto Agato Dirgo,SH.

Barto Agato Dirgo,SH juga mengatakan,tujuannya adalah Membangun Kolaborasi,yakni Meningkatkan sinergi antara masyarakat, penyelenggara pemilu, dan lembaga pengawas untuk menciptakan pilkada yang damai.

Di tempat yang sama,dalam sambutannya sekaligus membuka langsung kegiatan sosialisasi pengawasan pemilihan,Samsul Bahri, S.Pd, M.Si., selaku Kabag Kesbangpol Landak yang mewakili PJ bupati landak,ia menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilihan tahun 2024,dan meningkatkan sinergi antara masyarakat, penyelenggara pemilu, dan lembaga pengawas untuk menciptakan pilkada yang damai.

“Partisipasi aktif dari masyarakat sangat krusial untuk memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik dan bersih di kabupaten landak ini,Menjamin Keadilan Pemilu, Mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga integritas proses pemilu demi hasil yang berkualitas dan aman dan damai,”ujarnya di depan peserta.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber lainnya, seperti Albon Damanik, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Ngabang, yang membahas aspek hukum dalam pengawasan pemilihan, serta Dr. Nur Hamzah, S.Pd, I, M.Pd, seorang akademisi, yang menjelaskan dampak positif pengawasan masyarakat terhadap kualitas pemilihan.

Melalui sosialisasi ini,diharapkan masyarakat Kabupaten Landak dapat lebih sadar akan peran dan tanggung jawab mereka dalam menjaga integritas pemilihan. Kesbangpol Landak mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan suasana Pilkada yang damai dan demokratis.

 

Penulis: Sumianto

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.