Friday 20th September 2024

Pj. Bupati Landak Hadiri Panen Raya Padi di Dusun Betung Tanjung Menjalin

Landak,Tangkalnews.com-Pj. Bupati Landak Gutmen Nainggolan menghadiri Panen Raya Padi Sawah MT Gadu 2024 Kelompok Tani Suka Maju II Dusun Betung Tanjung. Bertempat di Dusun Betung Tanjung, Desa Tempoak, Kecamatan Menjalin, Jumat (20/09/2024).

Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Landak Gutmen Nainggolan menyambut baik dan memberikan selamat kepada para petani di Desa Tempoak Kecamatan Menjalin dan semua pihak yang terlibat atas kegiatan panen padi yang dilaksanakan pada hari ini.

“Sektor pertanian adalah sektor yang sangat vital karena berperan dalam ketersediaan bahan pangan. Saya selaku pimpinan Pemerintah Daerah Kabupaten Landak, sangat menyambut baik dan turut bergembira serta bersyukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa dengan diselenggarakannya acara panen raya pada hari ini,” ujar Gutmen.

Lebih lanjut Gutmen menuturkan sektor tanaman pangan khususnya komoditas padi mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam membangun perekonomian daerah.

“Untuk itu, perlu terus diupayakan pengembangannya karena telah berperan sebagai penyedia pangan untuk ketahanan pangan daerah, penyediaan lapangan kerja dan sumber pendapatan masyarakat demi menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutur Gutmen.

Gutmen juga menjelaskan beras adalah salah satu komoditas pangan yang selalu menjadi penyumbang utama inflasi di Indonesia. Sejak Januari 2024, harga beras Nasional mengalami kenaikan, termasuk di Kabupaten Landak, terutama untuk beras premium dan medium.

“Kenaikan harga beras terjadi karena berbagai faktor yang sangat kompleks. Diantaranya adalah kelangkaan pasokan dan meningkatnya permintaan. Kelangkaan pasokan ini dapat disebabkan oleh menurunnya produksi akibat perubahan pola musiman,” terang Gutmen.

Gutmen menekankan bahwa perubahan iklim menjadi tantangan yang serius terhadap kemandirian dan ketahanan pangan, termasuk implementasi program peningkatan beras melalui upaya peningkatan produktivitas dan perluasan areal tanam.

“Oleh karena itu saya berharap kita semua dapat bekerjasama untuk menghadapi tantangan ini. Pemerintah Kabupaten Landak terus berkomitmen untuk mendukung petani. Beberapa upaya yang sudah kita jalankan diantaranya adalah penyediaan sarana produksi pertanian seperti pupuk, benih padi bersertifikat, alat mesin pertanian, irigasi, jalan usaha tani (JUT) dan saprodi pendukung lainnya bagi kelompok tani melalui pemanfaatan dana APBD dan APBN,” tukas Gutmen.

Ia berharap kerja keras ini tidak hanya berhenti pada peningkatan produksi saja, peningkatan mutu beras juga perlu diperhatikan agar produk beras kita mampu bersaing di pasar Nasional.

“Tujuannya adalah meningkatkan hasil produksi pertanian terutama komoditas beras, sehingga kedepannya diharapkan pasokan atau ketersediaan pangan tetap terjaga. Penanganan pascapanen yang sesuai standar akan menghasilkan beras bermutu sehingga menambah nilai jual produk beras kita,” lanjutnya.

Tidak lupa Gutmen mengajak kepada masyarakat untuk selalu menjaga kondusifitas dan keamanan di lingkungannya selama Pilkada tahun 2024 yang akan diselenggarakan pada bulan November mendatang.

“Kami selaku Pemerintah Daerah mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga keamanan, ketentraman dan kondusifitas mulai dari sebelum, selama dan sesudah Pilkada tahun 2024 yang akan diselenggarakan pada bulan November mendatang. Mari kita gunakan hak pilih kita pada perhelatan pesta demokrasi Pilkada tahun 2024 untuk Kabupaten Landak yang lebih baik,” tutup Gutmen.

Dihadiri oleh Kepala BPSIP Provinsi Kalbar , Kepala UPTPSB Provinsi Kalbar, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Landak, Kepala Dinas PPKP Landak, Forkopimcam Kecamatan Menjalin, Kepala Puskesmas Menjalin, Kepala BPP Menjalin, Kepala Desa Tempoak, Masyarakat Desa Tempoak dan undangan lainnya.

(Diskominfo Landak)

Editor: Sumianto 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.